TUGAS 1

Nama :Gilang Surya Ramadhan (21/482505/SV/19953)


Pertanyaan :

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi

Jawab :

Kualitas perencanaan pembangunan sangat didukung oleh adanya kesediaan data dan informasi yang akurat dan lengkap, menyangkut sumberdaya pendukung pembangunan, baik menyangkut sumberdaya manusia, sumberdaya alam, maupun sumberdaya energi yang ada, serta berbagai permasalahan yang dapat diajukan sebagai agenda dalam proses perencanaan pembangunan. Disamping itu penggunaan data eletronik, baik dalam penyediaan data dan informasi perencanaan pembangunan, juga dalam hal penyelenggaraan layanan publik, untuk mempermudah sistem penyelenggaraan negara, percepatan pembangunan dalam upaya percepatan pencapaian tujuan pembangunan, yaitu masyarakat adil dan sejahtera peranan teknologi informasi dalam menunjang operasional dan manajerial pemerintah menjadi hal yang sangat utama dan menentukan keberhasilan jalannya pemerintahan. Kemajuan teknologi informasi telah menempatkan informasi sebagai salah satu sumber daya yang sangat berharga dan penting untuk dikelola secara profesional. Indonesia sebagai suatu negara dalam transisi menjadi negara maju sebagaimana diharapkan oleh seluruh rakyat Indonesia membutuhkan suatu penerapan Teknologi Informasi yang handal sebagai landasan utama dalam melakukan pelayanan dan mendukung pengambilan keputusan eksekutif. Pengembangan suatu sistem informasi yang terintegrasi mulai dari daerah hingga pusat merupakan suatu langkah yang dapat ditempuh pemerintah dalam upaya penerapan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat serta pengambilan keputusan secara lebih cepat dan tepat.

Pengambangan Sistem Informasi Pemerintah Daerah menjadi salah satu investasi awal dalam dalam pengembangan sistem informasi yang terintegrasi secara lebih luas yang tidak hanya mencakup teknologi informasi, melainkan seluruh pranata dan media informasi yang berkaitan dengan informasi Pemerintah Republik Indonesia. Tiada lain tujuan dari pengembangan Sistem Informasi adalah untuk membangun suatu infrastruktur handal yang mendukung pelaksanaan tugas Negara terutama dalam menuju taraf Good governance dengan akuntabilitas yang tinggi dan mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat.


Karakter saya menurut kategori Myers–Briggs Type Indicator (MBTI) adalah (ENTJ-T). kepribadian ini adalah tipe Komandan yang dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki bakat karisma dan percaya diri, dan menonjolkan kekuasaan dengan cara sedemikian rupa yang dapat menarik orang banyak dengan suatu tujuan bersama Komandan dicirikan oleh tingkat rasionalitas yang tidak pandang bulu, menggunakan pendorong mereka, teguh pendirian dan pemikiran yang tajam untuk mencapai hasil apa pun yang telah mereka tentukan untuk diri mereka.